Tutorial cara Merancang Buket Bunga untuk Sahabat

Buket bunga merupakan barang berharga yang biasanya diberikan sebagai hadiah wisuda, ulang tahun, atau perayaan lainnya kepada teman atau orang terkasih. Meskipun begitu, tak jarang pula buket bunga juga dimanfaatkan sebagai dekorasi ruangan yang dipajang di dinding atau diletakkan pada vas bunga.

Setiap warna bunga sendiri sebenarnya mengandung makna. Seperti merah yang digunakan sebagai simbol kekuatan cinta dan kuning sebagai tanda kasih sayang kepada sahabat atau keluarga. Maka dari itu, kamu jangan sampai keluaran sgp asal-asalan dalam membeli buket bunga. Alat dan bahan untuk membuat buket ini sangat mudah ditemukan di sekitar. Kamu juga bisa menggunakan ide kreatifmu untuk membuat buket bunga yang indah dengan harga yang terjangkau.

Cara Membuat Buket Bunga Lavender

Bahan:

1 Ikat bunga lavender segar
2 Buah jarum pentul
Selotip
Pita satin

Cara membuat:

Ikat batang bunga dengan selotip sepanjang genggaman tangan. Pastikan untuk mengikatnya berkali-kali.
Sematkan pita dengan jarum pentul di bagian bawah ikatan bunga. Kemudian lilitkan ke bagian atas sampai menutupi selotip. Sematkan lagi ujungnya dengan jarum pentul.
Ikat batang bunga dengan sisa pita satin agar terlihat lebih cantik.
Cara Membuat Buket Bunga Matahari

Bahan:

Kain flanel putih, kuning, hitam, dan cokelat
Lem panas atau lem kain
Pensil
Gunting
Pita atau tali
Kawat atau tusuk sate untuk kawat
Kotak kecil dengan penutup
Kantung plastik/aluminium foil tebal
Double tape
Floral foam (gabus bunga)

Cara membuat:

Gunting kain flanel kuning menjadi bentuk kelopak. Gunting kain flanel hitam dan cokelat menjadi bentuk persegi panjang atau strip. Lalu, gunting kain flanel putih menjadi bentuk lingkaran kecil.
Ambil salah satu guntingan kelopak dan buat sedikit lipatan di kedua sisi ujung kelopak. Oleskan lem di ujungnya untuk merekatkan lipatan.
Ambil salah satu strip kain cokelat dan lipat menjadi setengah memanjang. Potong pinggiran kecil dan rata di sepanjang sisi tertutup dari strip yang terlipat. Demikian pula dengan strip kain hitam.
Ambil potongan kain putih dan letakkan di permukaan yang rata. Rekatkan 3 kelopak bunga di bagian dasar secara bersilangan. Pastikan untuk menjaga ujung yang berkerut di dalam alasnya.
Rekatkan 1 kelopak di antara setiap 2 kelopak di alasnya. Setiap lapisan bunga matahari yang dirasa akan memiliki 8 kelopak.
Untuk lapisan berikutnya rekatkan sisa 8 kelopak sedikit ke arah tengah alas.
Ambil potongan kain hitam dan cokelat yang berumbai dan terlipat. Gulung strip cokelat muda terlebih dahulu lalu gulung strip hitam di sekitarnya. Oleskan lem di ujung gulungan untuk mengencangkannya.
Tempatkan dan rekatkan strip yang digulung di tengah lapisan kelopak lalu rekatkan menggunakan lem tembak pada kawat.
Lakukan cara di atas secara berulang sampai terkumpul beberapa bunga matahari buatan.
Gabungkan beberapa bunga matahari yang telah kamu buat lalu letakkan pada kotak kecil yang sudah dilapisi aluminium foil di dalamnya menggunakan double tape.
Sematkan floral foam di antara bunga-bunga.
Cara lebih mudah, kamu bisa membeli bunga matahari segar lalu susun bunga matahari tersebut di kotak sebagai buket.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *