Sejarah dari Perpindahan Bandara Kertajati Menjadi Bandara Sastranegara

Bandara Husein Sastranegara Bandung diisukan bakal digantikan perannya oleh Bandara Kertajati. Lantas, bagaimana respon Bandara Husein Sastranegara. Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Indra Crisna Seputra mengatakan jika rencana peralihan penerbangan dari Bandung ke Majalengka masih dalam proses penggodokan. Indra memastikan, Bandara Husein Sastranegara masih akan melayani penerbangan domestik hingga akhir tahun 2023 dengan jumlah rute penerbangan sebanyak 22 rute. Bandung – Bandara Husein Sastranegara Bandung diisukan bakal digantikan perannya oleh Bandara Kertajati. Lantas, bagaimana sbobet indonesia respon Bandara Husein Sastranegara. Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Indra Crisna Seputra mengatakan jika rencana peralihan penerbangan dari Bandung ke Majalengka masih dalam proses penggodokan.

Indra memastikan, Bandara Husein Sastranegara masih akan melayani penerbangan domestik hingga akhir tahun 2023 dengan jumlah rute penerbangan sebanyak 22 rute. “Bahwa izin rute yang masih dikantongi airline itu ada 22 rute sampai dengan bulan Oktober 2023, itu masih mengantongi izin rute di Husein dan terdiri dari rute Denpasar, Kualanamu, Balikpapan, Surabaya, Jogja, Batam dan Makassar,” kata Indra.

Penerbangan Domestik Bandara Husein Sastranegara

Itu rute yang diterbangkan dari Husein dengan masing-masing airline, total jadi 22 rute sampai Oktober dan bisa diperpanjang,” lanjut dia. Meski begitu, Indra menyatakan pihaknya bakal ikut dengan keputusan pemerintah pusat jika nantinya penerbangan dari Bandara Husein akan dialihkan sepenuhnya ke Bandara Kertajati. “Kami pengelola bandara mengikuti aturan dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Soal status internasional yang saat ini non aktif di Bandara Husein Sastranegara, Indra menjelaskan jika pihaknya sedang menunggu izin regulasi dari Satgas PPKM pusat soal entri point. Saat ini menurutnya baru ada 15 bandara di Indonesia yang sudah mengantongi izin tersebut.

“Status internasional bandara kami masih berstatus internasional, kami menunggu regulasi Satgas PPKM pusat terkait izin entri point. Saat ini baru 15 bandara untuk izin penerbangan langsung dari luar negeri diluar Husein. Jadi kita tunggu regulasi kasatgas pusat,” ucap Indra.

Setelah izin itu dikantongi, dia menuturkan penerbangan internasional akan langsung dibuka dari Bandara Husein Sastranegara. Saat ini bahkan sudah ada beberapa maskapai yang siap membuka rute penerbangan internasional dari Husein Sastranegara.“Tentunya secara otomatis jika diberi izin entri poin banyak airline yang sudah siap dan imigrasi sudah ada surat dari Kemenkumham soal pemeriksaan imigrasi. Jadi kami masih menunggu,” jelasnya.

Adapun rute penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara sendiri kata dia masih sama dengan tahun 2019 lalu yakni tujuan Kuala Lumpur dan Singapura. “Masih favorit yaitu Kuala Lumpur dan Singapura, masih ada airline lain yang siap bilamana entri poin sudah ada,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan bakal ada perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Bandara Kertajati di Majalengka. Apalagi sudah ada Jalan Tol Cisumdawu yang mendukung akses menuju bandara yang sempat disebut ‘mati suri’ tersebut.

Budi Karya memaparkan nantinya semua penerbangan pesawat jet dan propeller baling-baling dari Bandara Kertajati. Hanya penerbangan khusus VVIP dan private jet saja yang beroperasi di Husein Sastranegara.“Nantinya semua pesawat jet dan propeler (baling-baling) akan beroperasi di Kertajati. Sementara, Bandara Husein Bandung akan melayani khusus pesawat VVIP dan private jet,” ujar Budi Karya dalam keterangannya, Senin (10/4/2023).

Namun, untuk sementara waktu penerbangan pesawat propeller nampaknya masih akan dilakukan di Bandara Husein selama setahun ini “Tetapi setahun ini pesawat propeler masih akan tetap beroperasi di Bandara Husein,” jelas Budi Karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *