PERKEMBANGAN EMOSIONAL DAN SOSIAL

Sebagai orang tua, kita harus selalu memperhatikan perkembangan anak usia 0 – 6 tahun karena masa pertumbuhan tersebut termasuk ke dalam golden age. Selama usia tersebut, anak dapat bertumbuh dan berkembang pada fase yang sangat cepat. Bahkan, banyak penelitian yang menyebutkan togel hongkong bahwa tingkat kecerdasan anak akan terbentuk selama usia 0 – 6 tahun tersebut.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari mengenai apa saja tahapan pada perkembangan anak usia 0 – 6 tahun. Namun sebelumnya, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja jenis-jenis perkembangan pada anak terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Perkembangan emosional anak berhubungan dengan bagaimana anak mengekspresikan dan menangani emosinya, seperti ketika mereka sedih, senang, marah, dan lain sebagainya. Hal tersebut juga berhubungan langsung dengan perkembangan sosial seorang anak, bagaimana mereka mengekspresikan dirinya kepada orang lain.

PERKEMBANGAN KOGNITIF

Selain fisik, kognitif idn live dari anak juga akan berkembangan seiring dengan pertumbuhan usianya. Perkembangan kognitif seorang anak meliputi kemampuan belajar, kemampuan berpikir, kemampuan menyelesaikan masalah, hingga kemampuan mengingat dan memahami sesuatu.

PERKEMBANGAN FISIK

Seiring dengan bertambahnya usia, bayi akan mulai belajar menggerakkan otot dan anggota tubuhnya secara perlahan. Perkembangan fisik bayi dapat dibagi menjadi dua keterampilan, yaitu motorik kecil (menggunakan otot dan anggota tubuh untuk memegang sesuatu, menggambar, hingga menulis) dan motorik besar (menggunakan otot dan anggota tubuh untuk berdiri, jalan, hingga berlari).

Perkembangan Anak Sesuai Usia

5 – 6 TAHUN

Pada usia ini, rasa ingin tahu anak sudah makin tinggi, tetapi mereka sudah dapat mengumpulkan informasi sendiri untuk menjawabnya. Selain itu, pada usia ini juga biasanya anak sudah mulai belajar untuk lebih mandiri, seperti memakai baju sendiri, pergi ke toilet sendiri, mandi sendiri, dan lain sebagainya.

1 – 5 TAHUN

Setelah usia 1 tahun, biasanya seorang anak akan mulai sadar akan apa yang terjadi di sekitarnya. Pada masa ini juga mereka mulai membangun kepribadian, seperti meniru kepribadian orang tua atau orang lain yang ada di sekitarnya. Biasanya, anak-anak juga mulai akan semangat mempelajari banyak hal dan selalu menunjukkan rasa penasarannya pada usia ini.

Perkembangan fisik anak akan makin baik lagi di mana mereka sudah bisa mulai berjalan dengan lebih baik hingga akhirnya dapat berlari. Selain itu, koordinasi motorik anak juga akan makin berkembang, mereka sudah dapat melakukan berbagai aktivitas yang membutuhkan beberapa koordinasi motorik sekaligus, seperti menari dan bernyanyi, menulis, hingga menggambar.

LAHIR – 1 TAHUN

Bayi yang baru lahir memiliki potensi yang sangat menakjubkan karena bisa mempelajari banyak sekali hal. Biasanya, pada usia 0 hingga beberapa bulan pertama, anak baru akan berkembang secara fisik atau motorik dan bahasa, di mana mereka akan mulai mempelajari bagaimana cara menggerakkan otot dan anggota tubuh (menggenggam, menendang, dan lain sebagainya) serta menanggapi suara yang ada di sekitarnya.

Kemudian, seiring bertambahnya usia, anak akan mulai ‘sadar’ akan apa yang ingin dilakukannya, seperti belajar untuk tengkurap, merangkak, hingga berdiri (atau bahkan berjalan). Mereka akan menjadi lebih penasaran dan akan mencoba untuk menyentuh atau menggenggam banyak hal. Oleh karena itu, Anda harus menjauhkan benda-benda yang berbahaya dari bay

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *