Pelabuhan Paotere, Pelabuhan Legendaris yang Masih Eksis di Makassar

Pelabuhan Paotere sudah ada sejak tahun 1991. Kini tempat ini telah menjelma menjadi sebuah kawasan wisata bahari. Destinasi wisata menawarkan pemandangan dengan gaya klasik pada era modern. Pemandangan yang mendominasi tempat ini yakni berupa kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan.

Di samping pemandangan tersebut, di tempat https://villasawahresort.com/ wisata makassar ini Anda bisa melihat aktivitas para nelayan pada dini hari yang sedang menjajakan ikan hasil dari tangkapannya di lautan. Saat inilah tempat ini akan tampak begitu ramai. Berbeda dengan siang hari yang justru tampak begitu sepi, karena aktivitas telah banyak berkurang. Tempat ini akan ramai kembali ketika sampai di waktu sore.

Daya Tarik yang Dimiliki Pelabuhan Paotere

1. Menjadi Kawasan Wisata

Tidak seperti pelabuhan pada umumnya yang hanya digunakan sebagai tempat pemberangkatan dan pemberhentian kapal laut, pelabuhan yang satu ini juga sekaligus sebagai destinasi wisata yang cukup memikat banyak orang untuk berkunjung. Penambahan fungsi pelabuhan ini disebabkan karena adanya dukungan dari pemerintah daerah setempat.

2. Pemandangan yang Unik

Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan dari kapal-kapal yang tersusun rapi pada setiap sandarannya. Adanya pemandangan ini menjadikan banyak fotografer tertarik untuk menjadikan tempat ini menjadi latar belakang dilakukan pemotretan. Beberapa kapal yang ada di pelabuhan ini diantaranya Karoro, Phinisi, Jolloro, Katinting, dan Patorani.

3. Tempat Pembongkaran Muatan Kapal

Di tempat ini, setiap wisatawan yang berkunjung dapat melihat bagaimana para nelayan membongkar hasil tangkapannya. Terdapat berbagai jenis ikan dengan ukuran yang juga beragam. Ikan-ikan ini kemudian akan disalurkan ke berbagai pedagang ikan maupun restoran seafood.

4. Mempunyai Sajian Khas

Banyak dari pengunjung yang datang ke tempat ini karena mengincar salah satu sajian khas yang tentunya mempunyai rasa yang begitu lezat dan tak ada duanya, yaitu ikan bakar yang dipadukan bersama sambal cobe. Sambal inilah yang menjadi sambal khas yang berasal dari daerah Makassar.

Ikan yang disajikan di sekitar lokasi wisata pun sangat bervariasi, diantaranya ikan cepak, ikan baronang, dan ikan kerapu. Ketiga jenis ikan inilah yang merupakan menu yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Selain ikan, adapula jenis seafood lain seperti cumi-cumi, kepiting, dan udang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *