Masa Molekul Relatif, Pengertian, Fungsi, dan Cara Hitungnya

Masa molekul relatif wajib Anda pahami. Molekul relatif adalah jenis masa yang perlu Anda mengerti dengan baik. Ini merupakan salah satu materi kimia yang sangat penting. Anda mungkin sudah sering mendengar istilah atom ketika mempelajari kimia. Memang keberadaan atom menjadi salah satu unsur penting di kehidupan.

Atom adalah unsur terkecil pada suatu zat Togel SDY atau materi yang dapat berdiri sendiri meski harus bergabung dengan atom lainnya. Penggabungan atom ini kemudian akan membentuk suatu senyawa. Ukuran atom sangatlah kecil, sehingga pengukurannya tidak dapat melalui timbangan. Pada akhirnya hadir cara menghitung massa atom dengan massa atom atau molekul relatif.

Mengenal Masa molekul Relatif

Di dalam kimia, kita akan mempelajari berbagai unsur di kehidupan. Salah satu hal yang sangat melekat dalam belajar kimia adalah atom. Atom memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan, atom juga tidak dapat terlihat menggunakan mata kepala manusia biasa.

Oleh karena itu, pengukuran atom tentu sedikit sulit. Atom relatif ini berhubungan juga dengan massa molekul relatif. Kali ini kita akan membahas lebih dalam mengenai molekul relatif atau yang memiliki lambang (MR) di dalam ilmu kimia.

Apa Itu Molekul Relatif?

Masa molekul relatif dan masa atom relatif itu mirip. Apabila Anda sudah menguasai salah satunya, maka tidak akan sulit untuk mempelajari yang lainnya. Dalam ilmu kimia, masa molekul aktif adalah masa dari suatu molekul yang dapat kita ukur di dalam satuan massa atom (u atau Da).

Molekul ini berbeda dengan senyawa yang sama. Kemungkinan senyawa memiliki masa molekul yang berbeda akibat kandungan isotop yang berasal dari suatu unsur berbeda. Kuantitas yang terkait adalah molekul relatif. IUPAC sendiri mendefinisikan bahwa ini merupakan rasio masa molekul terhadap satuan masa atom yang tidak memiliki satuan.

Molekul relatif (Mr) ini juga memiliki nama lain sebagai bobot molekul (BM). Ini adalah masa dari suatu molekul senyawa yang terbagi dengan 1/2 masa isotop karbon 12.

Fungsi Molekul Relatif (Mr) dalam Kimia

Tentunya molekul relatif di dalam kimia ini memiliki fungsi yang cukup penting. Itulah kenapa materi ini juga menjadi hal yang wajib Anda kuasai.

Sebab MR ini sendiri menjadi salah satu variabel yang bisa Anda gunakan dalam mencari Moralitas. Apa itu Moralitas?

Moralitas adalah salah satu variabel yang memiliki banyak rumus di kimia. Ada banyak rumus yang membutuhkan Moralitas. Beberapa contoh rumus yang membutuhkan Moralitas adalah mencari Tekanan osmotik, stoikiometri, titrasi asam basa, dan yang berhubungan langsung dengan titik didih dari suatu senyawa.

Untuk bisa menemukan Moralitas tersebut, maka membutuhkan masa molekul relatif (Mr) ini. Mr menjadi seperti penyusun dari rumus-rumus yang membutuhkan Moralitas. Tanpa adanya MR, maka Moralitas tidak akan diketahui. Dengan begitu, kita tidak akan bisa mencari rumus-rumus kimia yang berhubungan dengannya.

Cara Perhitungan

Untuk menghitung masa molekul, maka membutuhkan masa atom. Masa atom yang ada di dalam molekul ini harus Anda ketahui terlebih dahulu. Masa atom dan molekul biasanya akan berada di dalam satuan masa atom. Jenis masa atom ini akan memiliki definisi relatif terhadap masa isotop 12C (karbon 12) dengan per definisi setara dengan 12 u.

Istilah terdefinisi yang lebih formal itulah yang kemudian bernama masa molekul relatif. Masa ini tidak memiliki dimensi. Akan tetapi, kata ‘relatif’ umumnya tidak masuk ke dalam praktik karena secara universal, asumsinya adalah masa atom dan molekul relatif terhadap masa 12C.

Jadi, rumusnya adalah:

Mr AxBy = (x Ar A + y Ar B)

Perlu Anda ketahui bahwa masa molekul biasanya lebih sering digunakan untuk molekul yang lebih besar. Hal ini karena molekul dengan banyak atom tidak akan bisa tersusun dengan eksklusif dari isotop melimpah di setiap unsur.

Adapun perhitungan masa molekul rata-rata teoritis bisa dengan menggunakan masa atom standar yang ada di dalam tabel periodik tipikal.

Leave a Reply