Festival Wakatobi – Intip Pesona Wisata & Budaya Wakatobi

Wakatobi Wave merupakan salah https://northcarolinafieldhockey.com/ satu festival yang diselenggarakan untuk meningkat sektor pariwisata terutama wisata bahari di Wakatobi. Berada di Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Selatan yang terkenal sebagai salah satu surga wisata bawah laut terutama bagi para pecinta diving. Festival dilaksanakan di Wangi Wangi yang merupakan salah satu bagian dari Wakatobi selain Kaleidupa, Tomia, dan Binongko. Pada saat penyelenggaraan festival ini, masyarakat akan tumpah ruah di jalan untuk menyaksikan berbagai parade dan pertunjukan seni budaya.

Daya Tarik Wisata Festival Wakatobi

1. Parade Kostum

Parade kostum menjadi pembuka dari festival ini. Biasanya anak-anak sekolah dengan kostum yang unik-unik akan tampil dalam parade. Mereka akan berjalan kaki dari garis awal hingga akhir sesuai jalur karnaval yang sudah ditentukan. Selain pelajar, perwakilan-perwakilan dari instansi pemerintah juga turut meramaikan parade kostum ini. Mereka menggunakan berbagai kostum unik seperti pakaian berbentuk kepiting, ikan, gurita, dan bentuk binatang laut lainnya.

2. Parade Karia

Karia merupakan salah satu bagian dari festival yang diselenggarakan di Wangi Wnagi ini. Parade diikuti oleh gadis-gadis degan menggunakan pakaian adat atau tradisional yang warnanya sangat mencolok. Mereka tampil dalam sebuah parade yang menyemarakkan suasana festival. Selain mengenakan baju tradisional dengan warna-warni yang ceria, peserta parade juga mengenakan hiasan khas yang berupa bunga emas. Diiringi musik yang penuh semangat, parade ini semakin menyemarakkan Wakatobi Wave.

3. Perahu Hias

Festival ini juga dilakukan slot bet 100 perak dengan menggelar lomba perahu hias. Perahu-perahu nelayan dibuat lebih menarik dengan menambahkan aksesori-aksesori sesuai tema festival. Beberapa perahu yang dihias akan berjajar di sepanjang pantai atau laut. Kegiatan ini biasanya dilakukan setelah di hari kedua atau satu hari setelah pembukaan.

4. Panjat Pinang

Kegiatan panjat pinang menjadi salah satu daya tarik dari Wakatobi Wave. Masyarakat diajak untuk ikut memeriahkan festival dengan panjat pinang yang dilakukan di atas laut di sekitar Pelabuhan Panggulubelu. Sorak-sorak penonton memberikan semangat dan keceriaan di acara festival ini.

5. Pertunjukan Tari Kolosal

Pada acara festival ini juga diramaikan dengan pertunjukan tari kolosal. Pengunjung dapat melihat pertunjukan tari Longko dari Pulau Wangi-Wangi, tari Sajo moane dari Pulau Tompia, tari Lariangi dari Kaledupa, dan Tari Balumpa dari Binongko. Pertunjukan tari kolosal dari empat pulau di Wakatobi ini seringkali membuat tegang penontonnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *