Bahan Dasar Parfume Apa Saja

https: img.okezone.com content 2021 10 05 611 2481284 3-tanaman-yang-kerap-jadi-bahan-dasar-parfum-apa-saja-q7peeUfsgp.jpg

Sebagian besar parfum terbuat dari bahan dasar alami dari tumbuhan. Pemanfaatan tanaman sebagai bahan sebagai pewangi sudah dilakukan sejak zaman dahulu serta kerap digunakan untuk wewangian dalam acara keagamaan. Berikut adalah tanaman yang digunakan sebagai bahan dasar parfum seperti dilansir dari Highend.

Aroma cendana atau yang lebih dikenal dengan sandalwood, ternyata adalah pohon besar yang dapat tumbuh hingga ketinggian 12-15 meter. Pohon ini banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis maupun beriklim kering seperti daerah di Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi Selatan.

Bagian jantung kayu pada pohon inilah yang digunakan https://www.pizzabrothersofnorwalk.com/ sebagai bahan dasar wewangian. Jantung kayu tersebut berwarna kuning dan beraroma harum yang kemudian disuling dan diambil minyak atsirinya.

Cengkeh adalah bahan dasar parfum yang berasal dari daerah Maluku. Tanaman ini bisa tumbuh hingga ketinggian 30 meter. Cengkeh menghasilkan minyak dari bunga cengkehnya yang disebut clove oil, clove leaf oil yang dihasilkan dari sulingan daun cengkeh dan clove stem oil yang dihasilkan dari gagang cengkeh.

Bunga cantik satu ini telah dikenal dengan bau yang harum. Bunga mawar memiliki banyak sekali varietas warna seperti mawar merah, pink, putih, dan kuning, dan masih banyak lagi.

Pada mulanya bunga mawar dibudidayakan di daerah Cina, kemudian menyebar di seluruh bagian dunia. Bunga ini sering kali menjadi bahan dasar utama pembuatan parfum, yang berasal dari minyak atsiri ekstrak kelopak bunga mawar. Dari 1 kg kelopak bunga mawar dapat menghasilkan 1 gram minyak.

Tanaman yang sering digunakan untuk bahan kosmetik dan parfum yang pertama adalah akar wangi. Akar wangi mempunyai nama ilmiah Veteveria zizanioides dan masuk ke dalam family gramineae. Akar wangi disebut sebagai akar wangi, karena akarnya yang memang mengeluarkan bau yang wangi. Bau wangi ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri di bagian akarnya. Tak heran jika tanaman ini termasuk tanaman penghasil minyak atsiri. Akar dari tanaman ini sangat kuat dan mempunyai cabang yang banyak. Sehingga ketika hujan turun tetap bisa menahan dari serangan serpihan tanah dan membuatnya tidak mudah dicuci oleh tanah. Memiliki daun yang berukuran panjang, bahkan panjangnya bisa mencapai 100 cm. Daunnya berwarna hijau dan kaku. Untuk bunganya berwarna hijau. Minyak dari akar wangi biasanya dikenal sebagai vetiver oil.

Tanaman selanjutnya yang sering digunakan untuk bahan parfum dan kosmetik adalah pohon cendana. Cendana memiliki nama latin Santalum album. Tanaman ini merupakan pohon yang tumbuh dengan sangat besar. Pohon ini banyak ditemukan di daerah Malaysia, India dan Indonesia, terutama di daerah yang beriklim kering seperti Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Pohon cendana akan tumbuh dengan baik, jika mendapatkan sinar matahari yang banyak. Pohon cendana bisa tumbuh mencapai 12 sampai 15 meter. Pada bagian jantung kayu inilah yang biasa digunakan untuk bahan wewangian. Jantung kayu tersebut berwarna kuning dan mengeluarkan aroma harum. Bagian ini akan diiris kemudian disuling dan diambil minyak atrsirinya. Saat ini minyak cendana dari Indonesia yang paling baik untuk dibuat bahan parfum atau kosmetik.

Jahe termasuk tanaman obat yang sering digunakan untuk bahan obat-obatan. Tetapi ternyata jahe juga sering digunakan untuk bahan pembuatan kosmetik dan parfum. Jahe yang mempunyai nama ilmiah Zingiber officinale ini merupakan tanaman yang berbentuk umbi-umbian. Rimpang jahe akan menghasilkan wewangian khas yang menenangkan. Tanaman jahe awalnya hanya berasal dari daerah asia saja. Kemudian dibawa orang ke daerah Spanyol sampai ke negara Afrika dan negara lainnya. Minyak jahe lebih dikenal sebagai ginger oil yang dihasilkan dengan cara disuling. Dalam minyak jahe terdapat methylheptenone, linalool, citral, ester, delta borneol, dan masih banyak lainnya. Zat tersebut akan menghasilkan wangi yang harus tanpa memberikan rasa pedas dari jahe tersebut.

Selain bunga mawar, juga ada bunga melati yang sering dijadikan wewangian alami. Tanaman yang termasuk ke dalam genis jasminum ini kurang lebih memiliki 300 spesies. Tanaman ini bisa tumbuh mencapai 15 meter dan merupakan jenis tanaman merambat. Beberapa jenis bunga melati yang sering diambil minyak atsirinya antara lain jasminum nitidum, jasminum sambac, J grandiflorum dan J. Officinal. Minyak yang dihasilkan dari si putih suci yang sederhana ini sering digunakan untuk bahan dasar sabun dan minyak wangi.

Sereh yang mempunyai nama latin Cymbopogon nardus memang sering digunakan sebagai wewangian alami. Sereh sering digunakan sebagai bahan pengharum masakan. Mempunyai bentuk daun yang memanjang, berwarna hijau dan termasuk ke dalam family Gramineae. Ada dua tipe minyak sereh yaitu java citranela oil dan Ceylon. Menurut pembuat minyak wangi, minyak java yang dihasilkan dari sereh Indonesia mempunyai wangi yang lebih kuat dibandingkan Ceylon yang dihasilkan dari sri langka. Kandungan yang terdapat didalam minyak sereh antara lain citronella dan geraniol. Sering digunakan untuk pewangi sabun, parfum dan kosmetik.

Leave a Reply